Senin, 11 Februari 2013

Menghidupkan hati ( 3 resep menjadi orang terhormat )


Rosululloh SAW bersabda : “ Duduklah engkau bersama Alim Ulama dan mendengar kata-kata ahli hukum Islam, maka sesungguhnya Alloh swt akan menghidupkan hati yang mati dengan Nur hikmah sebgaimana Alloh swt menghidupkan bumi/ tanah yang mati dengan air hujan. “
            Dalam hal ini dapat dipahami bahwa Rosulloh SAW menghimbau kita untuk membiasakan diri berdekatan dengan Alim Ulama dan mendengarkan nasehat ahli hukum Islam supaya hati kita senantia bersinar terang, bersih dan hidup atau mudah menerima kebaikan sebagaimana bumi yang gersang karena kemarau dapat hijau kembali dengan turunnya air hujan. Nasehat Alim Ulama dan Ahli hukum Islam/ Fiqh bagai air hujan yang menumbuhkan dan menyuburkan tumbuh2an.
            Dalam riwayat Thabrani dari Abu Hanifah dikatakan : “ Duduklah dengan orang besar/ terhormat dan bertanyalah pada para Ulama serta bergaulah dengan Hukama ( Ahli Hukum Islam ).”
            Dalam hadist ini bukan hanya dekat dengan Ulama dan hukama tetapi  kita juga dianjurkan untuk dekat dengan Tokoh Masyarakat / orang besar. Hal ini tentu saja yang bernilai positif bukan yang menjerumuskan kita hingga terjauh dari ajaran Islam dan jauh dari Alloh SWT. Dalam hal ini dapat kita analogkan bahwa, untuk menjadi orang yang berhasil dunia akhirat kita dapat menempuh jalan :
1.     Senang dekat-dekat/ bertemu dengan Alim Ulama
2.     Senantiasa mendengar nasehat Hukama / Ahli Hukum Islam
3.     Bergaul dengan tokoh masyarakat/ sosial/ para pemimpin atau orang-orang yang berpengaruh
Semua ini dengan niat yang baik dan mengambil sisi positifnya.
Wallohu A’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar